Apple Airpods Menerima Ancaman Besar Di Market Share Untuk Penjualan TWS

29 August 2020 15:14

Walau punya teknologi yang sangat mumpuni untuk Airpods dan Airpods Pro mereka, nyatanya dari hasil data penjualan terbaru, Apple kehilangan market share dari penjualan TWS (True Wireless System) mereka.

 

Sebuah laporan dari Bloomberg mengatakan bahwa peningkatan persaingan dari produk ini sangat meningkat. Ditambah lagi dengan semakin banyaknya merk yang memperkenalkan jagoannya dalam hal TWS. Diantaranya, Samsung, Google, Amazon, Bose, Sony, hingga merk-merk kecil ataupun merk Taiwan yang juga semakin dilirik konsumen karena mempunyai banyak fitur yang sama dengan Airpods namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

 

Memang, Apple Airpods menjadi salah satu tolok ukur karena berhasil memperkenalkan standard TWS yang bagus untuk para konsumennya. Namun, saat ini, semakin banyak perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi maupun audio sudah berlomba-lomba menyamai atau bahkan mengalahkan standard yang diberikan oleh Apple Airpods tersebut.

 

Kini, Apple Airpods masih memegang pasar penjualan TWS sebesar 35%, sementara Xiaomi mengikuti di bawahnya dengan 10% pasar saja. Samsung berada di posisi ke-3 dengan jumlah pasar hanya sebesar 6% saja. Walau begitu, diprediksi bahwa Samsung akan bisa mendapatkan pasar 2 kali lipat dari sebelumnya karena saat ini, Samsung memang sedang gencar memperkenalkan product baru mereka Samsung Galaxy Buds Live yang punya beberapa keunggulan dibandingkan Apple Airpods. Sebuah laporan bahkan mengatakan, Samsung berhasil memasarkan sekitar 300.000 Samsung Galaxy Buds Live mereka hanya dalam waktu beberapa minggu setelah perilisannya.

 

Selain Samsung, berkembangnya merk-merk asal Taiwan juga menjadi ancaman yang signifikan untuk Apple Airpods. Hal ini karena TWS tersebut mampu menawarkan teknologi yang kurang lebih sama dengan apa yang ditawarkan oleh Apple Airpods namun dengan harga sepertiganya saja. Selain itu, Apple juga belum mampu meyakinkan pengguna Android bahwa Apple Airpods mereka adalah perangkat terbarik untuk digunakan dengan perangkat Android mereka. Sementara Samsung, bisa menjadi pilihan mudah bagi para pengguna Android karena memang disiapkan sebagai perangkat yang dapat digunakan untuk android.

 

Seperti yang kita tahu, perusahaan audio seperti Sennheiser, Beyerdynamic, dan Audio-Technica sekarang ini juga mulai memproduksi TWS yang sudah mulai mereka pasarkan. Ketiga merk tersebut masing-masing memiliki 0,3% market share untuk penjualan TWS.


Find Something New

Find your interest from various Jalur Musik features