Band-Band Ini Kian Sukses Setelah Berganti Vokalis

17 October 2020 22:00

Posisi vokalis sangat berperan penting bagi suatu band, entah posisi ini diisi oleh seorang vokalis atau gitaris sekaligus menjadi vokalis. Kebanyakan posisi vokalis juga menjadi posisi sang pentolan atau frontman dari sebuah band.

Tantangan menjadi frontman ialah bagaimana menyatukan berbagai visi dan misi dari personil lainnya menjadi satu kesatuan. Tak heran banyak juga band yang seiring waktu berubah-ubah formasi.

Nah kali ini mimin bakal bahas band-band dalam negeri hingga mancanegara yang berganti formasi personil, tapi perubahan ini menjadikan band tersebut kian sukses. Ada siapa aja ya?

Pink Floyd

theguardian.com
theguardian.com

Dibuka dengan sebuah band Rock lawan yaitu Pink Floyd yang lahir pada tahun 1965. Berasal dari negara Inggris, band ini terkenal melalui karya-karyanya yang filosofis.

Dibalik popularitasnya, band ini juga sempat berganti formasi personil. Band yang didirikan oleh Syd Barrett yang sekaligus menjadi vokalis dan gitaris  ternyata tak berlangsung lama. Pada tahun 1967 bergabunglah David Gilmour, kemudian menggantikan Barrett Pada tahun 1968 dikarenakan kian memburuknya kesehatan mental Barrett.

Dewa 19

Photo by joox.com
Photo by joox.com

Band asal tanah air yang berasal dari Surabaya ini lahir pada tahun 1986. Dewa memang terkenal sebagai salah satu band yang kerap berganti personil. Awalnya Ari Lasso adalah vokalis dari band rock ini. Namun karena kasus narkobanya yang kian memburuk, pada tahun 1998 sang vokalis dikeluarkan dari band yang sudah membesarkan namanya itu.

Posisi Ari Lasso sebagai vokalis pun digantikan oleh sosok Once. Setelah pergantian vokalis, karir band Dewa pun tidak redup. Dewa tetap dapat mempertahankan eksistensinya di dunia hiburan Indonesia.

Slank

Photo by slank.com
Photo by slank.com

Kiki (gitar) dan Erwan (vokal) ternyata formasi ini tidak berlangsung lama. Kepergian Erwan pada tahun 1985 karena harus melanjutkan pendidikannya di Amerika Serikat lalu posisi Erwan digantikan oleh Uti Suharyani dan Lala.

Tidak menemukan chemistry dengan sosok vokalis wanita, nampaknya band Slank pun kembali mencari sosok pria untuk mengisi posisi vokal, demi mendapatkan chemistry. 1986 posisi vokal yang sebelumnya digantikan kembali oleh sosok Well Willy. Slank pun mengalami pergantian formasi sebanyak 13 kali dalam karirnya.

Photo by slank.com
Photo by slank.com

Sampai akhirnya ini menjadi formasi terakhir untuk posisi vokalis. Pada tahun 1989 Bimbim pun mencoba mengajak sepupunya yaitu Kaka untuk mengisi di bagian vokal. Ternyata formasi ke 13 ini menjadikan Slank semakin sukses sampai hari ini.

Iron Maiden

Photo by loudwire.com
Photo by loudwire.com

Iron Maiden adalah band Heavy Metal asal London yang berdiri tahun 1975. Didirikan oleh sang bassis Steve Harris. Pada karirnya Iron Maiden pun harus merasakan pergantian formasi pada posisi vokal.

Posisi vokal yang diisi oleh Di’Anno ternyata harus digantikan, sebab pada tahun 1981 Di’Anno memutuskan untuk keluar dari Iron Maiden. Dan posisi Di’Anno pun digantikan oleh Bruce Dickinson. Nampaknya sosok Bruce mencuri banyak perhatian para penggemar band heavy meta ini melalui album pertamanya bersama Iron Maiden ‘The Number of the Beast’ pada tahun 1982.

Iron Maiden kian sukses bersama Bruce Dickinson dengan suara lengkingan yang tinggi yang dimilikinya.

Itulah beberapa band dari dalam negeri hingga mancanegara yang kian berhasil setelah berganti vokalis.

Find Something New

Find your interest from various Jalur Musik features