Fakta Tersembunyi Di Balik Sosok Rapper Kendrick Lamar

17 November 2020 14:00

Siapa tak tahu seorang rapper Kendrick Lamar, seorang rapper yang memperoleh 11 nominasi GRAMMY dan 5 piala kemenangan, termasuk album rap terbaik. Mimin mau kasih tahu jamers fakta-fakta yang terpendam di balik sosok Kendrick Lamar, ini terlepas popularitas dan kekayaan, serta hubungannya dengan label rekaman Dr. Dre:

Kendrick Lamar menulis lagu selain rap dan tidak dibagikan.

Musisi Kendrick Lamar menjadi identik karena setiap lirik lagunya yang mengekspresikan identitas kulit hitam. Lamar juga dijuluki sebagai “penyair dan revolusioner” oleh HuffPost:

“Tampaknya akan merendahkan kejeniusan putra Compton jika hanya memanggilnya seorang ‘rapper’”.

Kendrick juga telah menulis banyak musik diluar  rap dan r&b dan memilih untuk tidak membagikan lagu-lagu tersebut kepada dunia.

“Pada akhirnya, itu latihan untuk saya di album rap saya.” Ucap Kendrick pada Rolling Stone pada tahun 2017 lalu.

Seorang produser lokal memberinya nama rap.

Ternyata nama Kendrick Lamar bukan nama awal karirnya. Doi mengawali karir musiknya dengan nama K.Dot. Pada tahun 2009, doi berpikir sudah waktunya untuk sebuah perubahan besar.

Lamar dilaporkan terinspirasi untuk kembali ke nama aslinya oleh Dave Free, DJ lokal dan produser musik yang menjadi manajer Lamar.

"Saya menelponnya suatu pagi dan saya berkata, 'Man, kamu harus mengganti nama kamu. Kamu harus menamai dirimu Kendrick," kata Free kepada Bullett. "Dan dia hanya berkata, 'Lamar. Kendrick Lamar.'"

Menurutnya referensi narkoba dalam hip hop adalah 'norak'.

Merujuk obat-obatan dalam skena hip hop bukanlah tren baru, tetapi itu adalah kebiasaan yang tidak membuat Lamar terkesan. Rapper tersebut mengatakan kepada MTV News bahwa:

"kadang-kadang anda memiliki tren yang tidak terlalu keren.”

"Anda mungkin memiliki artis tertentu yang menggambarkan tren ini dan tidak benar-benar memiliki gaya hidup seperti itu dan kemudian menghasilkan hal yang salah." katanya.

Eminem menguji keasliannya.

Ternyata Eminem dan Kendrick Lamar memiliki hubungan persahabatan dan hubungan kerja yang baik. Kendrick Lamar menjadi rapper satu-satu yang pernah menjadi tamu dalam acara Eminem 2013 The Marshall Mathers LP 2.

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2017 dengan Zach Sang Show, musisi Ed Sheeran membagikan detail pertemuan pertama Lamar dan Eminem:

"Eminem mendengar bahwa Kendrick Lamar adalah rapper terbaik dan dia mengundangnya ke studio untuk membawakannya sebuah lagu," kata Sheeran.

"Dia tiba dan Kendrick datang dengan semua temannya, Eminem berkata, 'Aku hanya ingin kamu di studio, hanya kamu sendiri dan kemudian insinyur ku akan datang dan kemudian merekam kamu melakukannya, tetapi temanmu tidak diizinkan di'."

Ketika lagu itu selesai, Sheeran berkata, "Semua orang datang untuk mendengarkannya dan Eminem mengatakan bahwa dia melakukannya untuk menguji Kendrick karena dia pikir dia punya penulis hantu."

Photo by getty images
Photo by getty images

Dia menganggap konsernya di Afrika sebagai yang paling spesial.

Pada tahun 2017, Kendrick Lamar berdiskusi bersama komedian Dave Chappelle untuk sebuah fitur di majalah.

Chappelle bertanya: “Apakah konser di Afrika adalah momen paling berharga?”

Kendrick Lamar menjawab: “Saya pergi ke Afrika Selatan, Durban, Cape Town, Johannesburg. Diluar uang, kesuksesan dan penghargaan ini adalah tempat yang tidak pernah kami impikan sebelumnya. Dan ini membuat saya mengubah seluruh perspektif saya tentang cara menyampaikan karya seni saya.” Tutur Kendrick Lamar.

Ibunya memberinya masukan yang paling nyata.

Sang ibu ternyata turut memberi ulasan atas album Kendrick yang berjudul ‘DAMN’. Sang ibu mengirimi Kendrick sebuah pesan:

“OMG. CD ini luar biasa!” tulis sang ibu Paula Oliver.

Itulah fakta-fakta yang jarang diketahui. Mimin ngefans sama K.Dot.

Find Something New

Find your interest from various Jalur Musik features