Hadirkan Fitur Terbaru, Google Siap Membantu Penggunanya Dalam Mencari Lagu

17 October 2020 12:00

Perusahaan raksasa Google baru saja meluncurkan fitur terbaru yang disebut 'Hum To Search' pada 16 Oktober 2020.

Kabar ini diumumkan pada acara ‘Search On Google’. Fitur ini akan membantu jamers ketika kesulitan dalam mencari sebuah lagu, ketika jamers lupa nama musisi, judul atau bahkan liriknya. Karena fitur terbaru dari Google ini dapat mendeteksi melalui bernyanyi atau bersiul sekali pun.

Photo by youtube.com/watch?v=DW61PpKJGm8
Photo by youtube.com/watch?v=DW61PpKJGm8

Dengan menekan ikon mikrofon pada aplikasi ‘Google Search’ jamers bisa mencari lagu yang dimaksud.

Selain itu, jamers juga bisa menggunakan Asisten Google, pengguna dapat bertanya "Hai Google, lagu apa ini?".

“Cara mudah untuk menjelaskannya adalah bahwa melodi sebuah lagu seperti sidik jarinya: Masing-masing memiliki identitas unik mereka sendiri,” kata sebuah pos di The Google Blog.

“Kami telah membuat model pembelajaran mesin yang dapat menyesuaikan dengungan, peluit, atau nyanyian Anda dengan 'sidik jari' yang tepat.”

“Saat Anda menyenandungkan melodi ke Penelusuran, model pembelajaran mesin kami mengubah audio menjadi urutan berbasis angka yang mewakili melodi lagu, model dilatih untuk mengidentifikasi lagu berdasarkan berbagai sumber, termasuk nyanyian manusia, siulan atau senandung, juga sebagai studio rekaman, ”lanjut postingan tersebut.

Fitur terbaru ini dapat mendeteksi suara atau siulan selama 15 detik. Jamers udah coba fitur ‘Hum To Search’, gimana membantu?

Find Something New

Find your interest from various Jalur Musik features