Ternyata Musik Juga Bermanfaat Bagi Tubuh Dan Beberapa Dari Manfaat Dari Musik

16 October 2020 14:00

Selain bisa menghibur, mendengarkan musik kesukaan itu memang hal yang menyenangkan dan bisa membuat kita lebih bersemangat untuk jalani hari.

Hingga beberapa ahli menyebutkan bahwa musik ternyata memiliki manfaat juga untuk tubuh. Berikut manfaat sebuah musik untuk tubuh:

Meningkatkan stamina tubuh

Menurut sebuah studi Brunel University, London Barat mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh anda sebanyak 15%  dan meningkatkan energy semangat sebanyak 1-2%.

Membuat tidur jauh lebih nyenyak

Setelah seharian melakukan aktivitas mendengarkan musik dengan aliran yang lembut dapat membuat tubuh anda lebih rileks, seperti musik dengan aliran Lo-Fi, Jazz atau Pop.

Bisa membantu memulihkan pasien stroke

Universitas Helsinki menyebutkan bahwa pasien dengan penyakit stroke yang mendengarkan musik dengan pilih secara sendiri selama dua jam sehari dapat meningkatkan pemulihan secara signifikan dari fungsi kognitif.

Ini disebabkan karena dapat mendukung memori auditori serta verbal sang pasien.

Bisa meningkatkan kebahagiaan dan rasa cinta

University of Utah pernah mencatat sebuah studi klinis yang menghubungkan antara musik dengan meningkatnya hormon-hormon tertentu dalam tubuh manusia. Studi tersebut menyimpulkan bahwa musik dapat meningkatkan hormon oksitosin, yakni hormon yang ada di balik rasa bahagia dan mencintai.

Mengurangi stres

Untuk jamers yang lagi lelah karena pekerjaan atau tugas sekolah lalu banyak pikiran, ternyata mendengarkan musik dapat membantu kurangi stress pada otak.

Di Lain hal dalam sebuah studi dari Finlandia menyebutkan bahwa mendengarkan musik bagi pasien depresi dapat menstabilkan gelombang otak dan memiliki efek menenangkan.

Nah itu adalah beberapa manfaat dari mendengarkan musik. Semoga bermanfaat untuk jamers.

Find Something New

Find your interest from various Jalur Musik features