Article Image Stracoster hitam David Gilmour

Inilah Gitar Termahal Sepanjang Sejarah Yang Laku Dilelang Seharga 52 Miliar Rupiah

Berawal dari Fender Stratocaster klasik era 60'an, kini gitar ini menembus angka miliaran, apa kelebihannya?


jalurmusik.com – Ketika David Gilmour mengumumkan bahwa ia akan melelang beberapa gitarnya yang paling terkenal, tepatnya 120 unit gitar, sangat mudah untuk menerka gitar mana yang menjadi incaran banyak orang. Tentunya, gitar Stratocaster hitam miliknya, salah satu gitar listrik paling ikonik dalam sejarah.

Pada akhirnya, Stratocaster hitam tersebut terjual dengan harga $ 3.975.000 (sekitar 56,2 Milyar Rupiah) pada Kamis (20/06). Rekor dunia yang mengejutkan. 

Gitar yang sering dimodifikasi ini awalnya adalah gitar Fender Stratocaster sekitar tahun ‘68 - '69 berbahan kayu alder pada badannya dengan cat hitam yang disemprotkan di atas dasar warna sunburst

Gitar tersebut memiliki leher berbahan kayu maple dengan gaya Fender akhir 60’an. Tetapi pada era The Dark Side Of The Moon dan Wish You Were Here, terlihat gitar serupa dengan papan fret berbahan kayu rosewood. Tak berhenti dikembangkan, eksporasi modifikasinya pun  terus berlanjut sejak itu.

Berikut video oleh pemilik kanal YouTube The Trogly's Guitar Show yang mengulas sedikit tentang gitar dan ajang pelelangan tersebut.